Pengertian dan Mampaat Ilmu Bayan

Pengertian ilmu Bayan Secara bahasa, Bayan artinya 'terbuka' atau 'jelas'. Sedangkan dalam ilmu balagah. ilmu Bayan adalah ilmu yang mempelajari cara-cara mengemukakan suatu gagasan dengan berbagai macam redaksi. Pengertian ini bukanlah satu-satunya definisi yang dikemukakan oleh para pakar. Ada beberapa pakar lain yang mempunyai definisi tersendiri tentang ilmu ini,

  • lmam Akhdhari
llmu Bayan ialah ilmu yang mempelajari tata cara pengungkapan suatu makna dengan menggunakan susunan kalimat yang berbeda-beda penjelasannya (dari yang jelas, kurang jelas dan lebih jelas). Maksud definisi tersebut adalah, bahwa ilmu baydn merupakan ilmu untuk mengetahui teknik-teknik mengekspresikan suatu ide pikiran atau perasaan dengan menggunakan ungkapan yang sesuai dengan konteksnya. Ungkapan tersebut bervariasi antara satu kondisi dengan kondisi lainnya.

  • KH. A. Wahab Muhsin
Menurutnya ilmu Bayan adalah ilmu untuk mengetahui cara menyusun atu pengertian dengan bermacam-maca m redaksi.
Rukyatul Hilal dan Yayan Nurbayin
Menurut keduanya, ilmu Bayan adalah suatu ilmu yang memuat konsep dan kaidah-kaidah untuk menyampaikan suatu ide dengan beberapa cara yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Peletak Dasar llmu Bayan
llmu Bayan pertama kalidikembangkan oleh Abu Ubaidah lbn al-Matsani(211 H). sebagai dasar pengembangan irmu ini, ia menulis sebuah kitab dengan judul Mazaj Qur’an. Dalam perkembangan berikutnya muncul pula seorang tokoh terkemuka dalam ilmu ini, yaitu; Abd al-Kahir al-Jurzini (471 M). llmu ini terus berkembang dan disempurnakan oleh para ulama berikutnya, sepeti al- Jahizh ibn Mu'taz, Quddamah, dan Abu Hilal al-Askari.

Manfaat llmu Bayan
objek kajian ilmu bayan adalah tasybih, majaz, dan kinayah, Melalui ketiga bidang ini kita akan mengetahui ungkapan-ungkapan bahasa Arab yang fasih baik dan benar, serta mengetahui ungkapan-ungkapan yang tidak fasih dan tidak cocok untuk diucapkan. llmu inidapat membantu kita juga untuk mengungkapkan suatu ide atau perasaan melalui bentuk kalimat dan uslub yang bervariasi sesuai dengan muqtadha al-hal.
Dengan pengetahuan di atas, seseorang bahkan akan mampu menangkap kemukjizatan al-Qur'an dari aspek bahasanya.Dengan kata lain,lewat kemampuan yang memadai pada ilmu ini seseorang akan mampu menangkap keindahan, ketepatan,dan kehebatan ayat al-qur'an, baik pada tataran jumlah, kalimah, sampai kepada huruf-hurufnya.

0 Response to "Pengertian dan Mampaat Ilmu Bayan"

Posting Komentar